Minggu, 04 Februari 2018

Cara Membuat Kalkulator Sederhana di Visual Basic 6.0

Visual Basic 6.0 adalah bahasa pemrograman buatan Microsoft yang dirancang agar mudah digunakan oleh siapa saja. Meskipun bahasa pemrograman ini sudah tidak lagi didukung oleh Microsoft, masih banyak aplikasi berbasis Visual Basic 6 yang digunakan dan dikembangkan setiap harinya. Artikel ini akan memandu Anda untuk membuat kalkulator sederhana dengan Visual Basic 6.

Langkah

  1. 1
    Bukalah Visual Basic 6, lalu klik New > Standard EXE Project. Opsi ini memungkinkan Anda menggunakan berbagai perintah dan peralatan untuk membuat beragam aplikasi, mulai aplikasi sederhana hingga semikompleks.
    • Untuk dapat menggunakan berbagai peralatan canggih, Anda dapat memilih opsi VB Enterprise Edition Project. Namun, bagi pengembang pemula, peralatan yang disediakan untuk proyek Standard EXE Project sudah cukup.
  2. 2
    Pahami layar proyek. Di bagian tengah layar, Anda akan melihat kotak dengan beberapa titik. Kotak tersebut adalah form, yakni tempat Anda menggambar antarmuka program. Anda dapat menambahkan berbagai aspek antarmuka, seperti tombol perintah, gambar, atau kotak teks pada sebuah form.
    • Di bagian kiri layar, Anda dapat menemukan kotak peralatan (toolbox). Di sini, Anda dapat memilih elemen program. Gunakan elemen tertentu pada program Anda dengan menariknya ke form.
    • Di bagian kanan bawah layar, Anda dapat melihat tata letak form. Tata letak ini adalah tampilan form setelah proyek selesai dan dijalankan.
    • Di bagian kanan tengah layar, Anda dapat menemukan jendela Properties, yang digunakan untuk mengatur properti setiap elemen pada form. Jika Anda tidak memilih elemen apa pun, jendela ini akan menampilkan properti form.
    • Di bagian kanan atas layar, Anda akan melihat jendela Project Explorer. Di jendela ini, Anda dapat mengakses seluruh desain dan form pada proyek.
    • Jika Anda tidak melihat salah satu dari jendela di atas, klik View pada menu, lalu centang nama jendela untuk menampilkannya.
  3. 3
    Tarik elemen Label ke form Anda, lalu ubah properti Caption menjadi "Masukkan Angka Pertama".
    • Anda dapat mengubah properti melalui layar Properties.
  4. 4
    Buatlah kotak teks di bagian kanan label. Kosongkan kolom Text di jendela Properties untuk mengosongkan isi kotak teks tersebut.
  5. 5
    Tarik kembali elemen Label, lalu ganti caption untuk label kedua menjadi "Masukkan Angka Kedua". Setelah itu, buat kotak teks kedua, dan kosongkan isinya.
  6. 6
    Buatlah empat tombol sederhana di bawah label yang telah Anda buat. Gantilah Caption tombol menjadi "Tambah", "Kurang", "Kali", dan "Bagi".
  7. 7
    Di bawah tombol perintah, buatlah label baru dengan Caption "Hasil", dan kotak teks kosong untuk menampilkan hasil perhitungan. Kini, Anda telah selesai merancang antarmuka kalkulator.
  8. 8
    Bukalah Project Explorer, kemudian klik form Anda. Klik tombol paling kiri untuk membuka tampilan kode.
    • Klik daftar di pojok kiri atas jendela kode. Pilih tombol yang telah Anda buat (Command1, Command2, dst) untuk menulis kepala kode tombol.
  9. 9
    Buatlah variabel dengan perintah berikut ini:
    • Dim a, b, r as double
    • a adalah nilai yang Anda masukkan di kotak teks pertama, sementara b adalah nilai yang Anda masukkan di kotak teks kedua. Variabel r akan digunakan untuk menampung hasil perhitungan. Anda dapat menggunakan nama variabel sesuai kehendak.
  10. 10
    Masukkan perintah berikut ini pada tombol "Tambah" (Command1) untuk menginstruksikan operasi penambahan:
    • Private Sub Command1_Click()
      a = Val(Text1.Text)
      b = Val(Text2.Text)
      r = a + b
      Text3.Text = r
      End Sub
  11. 11
    Masukkan perintah berikut ini pada tombol "Kurang" (Command2) untuk menginstruksikan operasi pengurangan:
    • Private Sub Command2_Click()
      a = Val(Text1.Text)
      b = Val(Text2.Text)
      r = a - b
      Text3.Text = r
      End Sub
  12. 12
    Masukkan perintah berikut ini pada tombol "Kali" (Command3) untuk menginstruksikan operasi perkalian:
    • Private Sub Command3_Click()
      a = Val(Text1.Text)
      b = Val(Text2.Text)
      r = a * b
      Text3.Text = r
      End Sub
  13. 13
    Masukkan perintah berikut ini pada tombol "Bagi" (Command3) untuk menginstruksikan operasi pembagian:
    • Private Sub Command4_Click()
      a = Val(Text1.Text)
      b = Val(Text2.Text)
      r = a / b
      Text3.Text = r
      End Sub
  14. 14
    Klik tombol Start, atau tekan F5 untuk menjalankan program.
    • Ujilah program untuk memastikan bahwa program berjalan sempurna.
  15. 15
    Simpan proyek dan form Anda, kemudian lakukan kompilasi program ke bentuk .exe. Setelah dikompilasi, Anda dapat menjalankan program kapan saja.

0 komentar:

Posting Komentar